Materi4 - Objek Data,Variabel, dan Konstanta

1. Pengantar

Semua data yang akan diolah oleh komputer harus disimpan terlebih dahulu di memory komputer (memori, register, dan lainnya). Memory komputer itu sendiri terdiri dari sel-del dasar yang disebut alamat. Isi sel merupakan suatu nilai hasil olahan komputer. Bahasa pemrograman berhubungan dengan sistem operasi untuk bisa mengolah penggunaan memory.

2. Objek Data

Pengelompokkan satu atau lebih potongan data di dalam virtual komputer pada saat run-time. Lebih sederhananya objek data merupakan suatu tempat dimana nilai-nilai data disimpan dan dipanggil kembali. Sebagai contoh objek data yang dibuat oleh programer adalah Variabel, konstanta, array dan yang di buat oleh sistem adalah Buffer, list ruang kosong, stack.

3.Variable

Objek data yang didefinisikan dan diberi nama secara eksplisit oleh programmer. Variable berfungsi sebagai label atau nama wadah penyimpanan nilai. Sehingga ketika programer ingin mengolah nilai tersebut, ia hanya cukup menyebutkan nama variable tersebut. Dilihat dari hardware variable adalah :

  • Variabel merupakan suatu abstraksi dari sel-sel memori
  • Nama variabel merupakan abstraksi dari alamat memori
  • Statement assigment merupakan abstraksi dari modifikasi suatu sel

Variable mempunyai 4 bagian :

  • Nama dan Scope
  • Tipe
  • L-value
  • R-value

Nama dan Scope
Nama variable merupakan string dari karakter.
Scope variable merupakan range dari instruksi program dimana range dari instruksi.
Instruksi program dapat memanipulasi suatu variable didalam scpoe nya.
Variable akan terlihat didalam scope, dan tidak akan terlihat jika diluar scope.

·


Type
Kumpulan nilai-nilai yang diasosiasikan ke variable bersama-sama dengan operasinya yang dapat digunakan untuk menciptakan, mengakses dan memodifikasi suatu nilai.



L-Value
Merupakan daerah penyimpanan yang di binding ke variabel selama eksekusi.
Lokasi memori yang diasosiasikan dengan variabel.
Digunakan untuk menangani r-value dari variabel.

R-Value
Suatu nilai yang terkondekan yang disimpan di suatu lokasi yang diasosiasikan dengan variabel (l-value).
L-value dan r-value merupakan konsep utama yang berhubungan dengan eksekusi suaatu program.

4. Referensi dan Variabel Tanpa Nama

Beberapa bahasa mempunyai fasilitas untuk mengizinkan variabelnya dapat

diakses melalui r-value dari variabel yanglain

Disebut referensi atau pointer Kemungkinan tanpa nama

Satu-satunya cara mengakses adalah melalui variabel bernama lainnya

5. Assignment

Salah satu jenis operasi yang berfungsi untuk memberi suatu nilai ke dalam varible.

  • Pascal , i := 3;
  • C family, i = 3;
  • Cobol, MOVE 3 TO i;

6. Konstanta

Objek data dengan nama yang sudah terikat dengan suatu nilai secara permanen (tetap) Contoh

#define MAX 50

Nilai MAX tidak dapat diubah melalui assignment

MAX = 5

Tetapi dapat dilibatkan dalam operasi

int N;

N = 12;

N = N + MAX;

7. Operator

Fungsi yang beroperasi di konstanta, variabel, dan nilai yang akan menghasilkan sesuatu yang baru (hasil). Fungsi yang beroperasi di konstanta,

variabel, dan nilai yang akan

menghasilkan sesuatu yang baru (hasil)

Operator dibedakan tingkatan precedence

Contoh

A = 3 + 2 * 4

A = 11

0 komentar: